140 Alumni Berlaga dan Salurkan Bantuan Pendidikan Rp 75 Juta dalam 1st PGA UNSOED Open Golf Tournament 2016

 

Bogor, 24 April 2016 –  Sebanyak kurang lebih 140 pegolf yang terdiri dari 60 alumni Universitas Jenderal Soedirman yang tergabung dalam Paguyuban Golf Alumni UNSOED (PGA UNSOED) dan 80 pemain dari luar alumni unsoed untuk pertama kalinya berkumpul dalam turnamen 1st PGA UNSOED Open Golf Tournament 2016. Turnamen perdana ini digelar di Klub Golf Bogor Raya, Minggu, 24 April 2016. Semua pemain tampak antusias berlaga dalam turnamen ini ditemani cuaca pagi yang cerah.

Sebelum pertandingan dimulai, para alumni terlihat saling sapa sambil melontarkan candaan berdialek Banyumasan. Suasana makin meriah dan kental nuansa Banyumasan ketika 15 personel kentongan dari Sanggar Seni Mahasiswa Fakultas Ekonomi (SASMI UNSOED) tampil dan membuat suasana semakin semarak. Grup kentongan mahasiswa yang dikomandani oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi, Prof Ade Banani, membawakan 3 buah lagu jawa antara lain Baturraden, Jambu Alas, dan Prau Layar.

Matahari mulai nampak dan waktu menunjukkan pukul 06.00 pagi. Saatnya para golfer menuju hole masing—masing untuk bertanding. Para pemain tampil kompak dengan seragam kaos dan topi turnamen. Ada 18 hole yang wajib dituntaskan oleh para pemain dalam turnamen kali ini. Enam jam berlangsung, para pemain masih terlihat asyik di lapangan golf hingga pukul 12.00 siang. Meski matahari semakin terik, tidak membuat loyo pukulan-pukulan para pemain. Para pemain terlihat asyik berpindah-pindah hole sambil mampir mengambil camilan mendoan dan gethuk goreng yang telah disiapkan. Pertandingan baru selesai pada pukul 13.00 siang.

Hadir dalam turnamen ini mewakili jajaran pimpinan Universitas Jenderal Soedirman yaitu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prihananto dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi, Ade Banani. Ketua Panitia 1st PGA UNSOED Open Golf Tournament 2016, Lelin Eprianto (Alumni Fakultas Ekonomi Angkatan 1985) mengatakan, turnamen ini diselenggarakan tidak hanya sebagai ajang silaturahim bertemu kawan lama, namun sekaligus sebagai sarana untuk menjembatani alumni dengan almamater.

“Ajang ini lebih dari sekedar silaturahim kawan lama. Turnamen ini sekaligus menjadi sarana menjembatani dan memberi nilai tambah bagi kedua stakeholder yaitu alumni dan almamater. Sebab selama ini belum ada wadah komunikasi yang pas untuk menjembatani kedua pihak. Melalui silaturahim ini, diharapkan saat ini para alumni yang sudah berkiprah di bidangnya masing-masing bisa memberikan masukan kepada universitas untuk meningkatkan mutu lulusan,” kata Lelin Eprianto ditemui di sela-sela pertandingan.

Lelin mengaku puas dan gembira dengan banyaknya jumlah peserta yang hadir. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta, tamu undangan, perwakilan universitas hingga para pendukung acara yang telah menyukseskan turnamen perdana ini. PGA UNSOED rencananya akan menggelar turnamen kedua pada 23 Oktober 2016 mendatang.

Sekitar 140 pemain baik dari alumni UNSOED mapun klub golf universitas lain turut hadir. Panitia mengaku kebanjiran minat peserta turnamen namun terpaksa membatasi pendaftaran hanya untuk 140 orang pemain. Beberapa klub golf alumni universitas lain yang hadir diantaranya dari Universitas Trisakti, Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lain-lain.

Acara ini, lanjut Lelin, mengusung tema sumbangsih untuk pendidikan yang diwujudkan dengan kegiatan sosial. PGA UNSOED memberikan sumbangan pendidikan sebesar Rp 75 juta kepada almamater untuk dimanfaatkan oleh beberapa Unit Pelayanan Terpadu (UPT) yang ada di UNSOED.

Dalam pertandingan perdana ini, sejumlah piala siap diperebutkan oleh para pemain antara lain piala bergilir, best gross, best net, nearest to the pin, nearest to the line dan longest drive. Hadiah menggiurkan juga menanti para pemain yang berhasil mencetak hole in one berupa uang tunai senilai Rp 100 juta,  satu buah emas batangan 25 gram, satu unit mobil Kijang Inova, satu unit mobil Honda CRV hingga satu unit apartemen Tamansari Iswara. Meski baru kali pertama diadakan, turnamen ini terbilang sukses dengan banyaknya jumlah alumni serta undangan yang hadir. Acara pun berlangsung lancar dan meriah dengan antusiasme para golfer UNSOED.

Para golfer baik alumni UNSOED maupun dari universitas lain mengapresiasi jalannya turnamen yang berlangsung lancar tanpa antrian di setiap hole, kental nuansa Banyumasan lengkap dengan penampilan seni kenthongan dan jamuan makanan khas Banyumas.

Acara turnamen ini bisa terselenggara dengan sukses berkat dukungan dari sponsor utama antara lain Jamkrindo, Bank BRI, Askrindo, Telkom Indonesia, Pertamina, dan Cipta Ruang Persada Property. Didukung oleh sponsor lainnya seperti Pertamina Patra Niaga, KEB Hana Bank, Maxima Finance, Indonesia Exim Bank, PGN, WikaBeton, Bimba Aiueo, Bardie Billboard, Focus Bank Guarantee, TripleOne Global, Bayu Buana Gemilang (BBG), D Best For You, Asta, Wika Realty, Brins General Insurance, PP Construction & Investment, KBRU Insurance Broker

**Tim Humas KAUNSOED**