KA UNSOED Sukseskan Munas I Himpuni

[Unsoed.ac.id, Sen, 17/4/17] Belum lama ini Musyawarah Nasional (Munas)  I Perhimpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia atau lebih dikenal sebagai HIMPUNI digelar di Hotel Sheraton, Senggigi, Nusa Tenggara Barat. Munas yang bertajuk “Bersatu Menjadi Bangsa Pemenang” dihadiri tak kurang dari 100 orangyang merupakan delegasi dari 26 Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia dengan tuan rumah IKA Unram. KAUNSOED yang selama ini aktif berperan serta dalam berbagai kegiatan HIMPUNI terlihat hadir dengaan tim delegasi yang terdiri dari Haiban Hadjid (Ketua Umum), Erie Sasmito (Sekjen), Final Prajnanta (Kabid Komunikasi), Andrijani (Kabid Kerjasama) dan Riswati (Kabid Pengabdian Masyarakat). Tampak pula hadir dalam acara bersejarah ini Warek Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. V. Prihananto, MSi.

Munas yang dibuka oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ini dihadiri pula antara lain oleh Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menko Kemaritiman maupun Gubernur NTB melihat bahwa HIMPUNI merupakan kumpulan cerdik cendekiawan aset bangsa. Para alumni PTN dalam HIMPUNI ini diharapkan untuk terus mencurahkan pengabdiannya bagi kemajuan bangsa dan negara di tengah iklim persaingan global.

Di sisi lain Menhub mengajak HIMPUNI untuk dapat bekerjasama dalam mensukseskan program Kementerian Perhubungan. “Saya berharap Himpuni dapat bekerja sama dalam mensukseskan pelaksanaan program-program Kemenhub yaitu tol laut, pembangunan kapal untuk pelayaran rakyat serta pendidikan vokasi bidang pelayaran untuk pemuda pemudi Indonesia,” jelas Menhub.

Berdasarkan sejarah panjang terbentuknya HIMPUNI, akhirnya disepakati bahwa IA ITB terpilih sebagai Koordinator Presidium I.  KAUNSOED terpilih sebagai Wakil Koordinator Presidium I HIMPUNI bersama dengan IKA UNPAD, KA UJE; IKA UNHAS; IKA UNAND; HA IPB; IKA UNM; dan IKA UNSRI. Dalam Munas I HIMPUNI ini ditetapkan sekalian 3 periode Presidium.  Presidium I akan bekerja selama 1 tahun periode 2017/2018.  Tahun berikutnya periode 2018/2019 akan dilanjutkan Presidium II di bawah koordinator KAGAMA dan periode berikutnya 2019/2010 merupakan Presidium III di bawah koordinator IKA UNDIP.

Dalam Munas I HIMPUNI ini juga dilakukan penandatanganan deklarasi Mandalika oleh 26 Ketua Alumni Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia. Di sela-sela penandatanganan deklarasi Mandalika, Haiban Hadjid selaku Ketua Umum KAUNSOED berharap bahwa HIMPUNI sebagai organisasi independen, non partisan yang menjunjung t
inggi kebhinekaan dan kesetaraan bisa memberikan sumbangan-sumbangan pemikiran yang strategis untuk negara dan bangsa Indonesia  dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional, membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju, berdaulat, mampu bersaing secara global sebagai bangsa pemenang. Harapan Haiban ini sangat beralasan mengingat HIMPUNI selama ini telah bekerja melahirkan banyak gagasan yang tertuang dalam berbagai program kerja (Pokja) yang salah satunya digawangi KAUNSOED dalam Pokja Pedesaan.  Selain Pokja Pedesaan digulirkan pula berbagai Pokja antara lain Pokja Pariwisata,  Pokja Perumahan, Pokja Ketahan Energi, Pokja Ketahanan Pangan , Pokja Maritim, Pokja Inovasi dll. (Fin)

Sumber: http://unsoed.ac.id/id/berita/ka-unsoed-sukseskan-munas-i-himpuni