KIPRAH ALUMNI FAKULTAS BIOLOGI UNSOED DI KEMRISTEKDIKTI, Prof. Ocky Karna Radjasa, M. Sc., Ph.D.

Prof. Ocky Karna Radjasa, M. Sc., Ph.D., alumni Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto, Jawa Tengah, menunjukkan kiprahnya di level nasional. Ia dilantik sebagai Direktur Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Jauh sebelumnya pada bula Oktober 2014 Prof. Ocky Karna Radjasa, M. Sc., Ph.D. termasuk di antara 25 lolos Calon Rektor Terjaring Universitas Indonesia (UI). Prof. Ocky demikian ia biasa disapa adalah putera pertama Prof. Drs. Roedhiro (Rektor Unsoed Periode 1986 – 1992), yang telah menduduki berbagai jabatan penting di antaranya sebaai Ketua LPPM Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang.

Masa Muda Dan Awal Karier

Menghabiskan masa muda di Purokerto, masuk Fakultas Biologi, UNSOED tahun 1984 hingga lulus 1989. Selanjutnya, mengabdi di Universitas Diponegoro Semarang sebagai staff di Program Studi Ilmu Kelautan, mulai 1 Maret 1990. Menyeleseikan program M.Sc di Ontario, Kanada, pada tahun 1994, dengan konsentrasi Mikrobiologi, dan melanjutkan program Ph.D di Department of Aquatic Biosciences, University of Tokyo, Jepang, dengan beasiswa Monbusho dan selese pada tahun 2001 dengan konsentrasi Mikrobiologi Laut.

Tahun 2002 mendapat beasiswa posdoktoral dari DAAD, dan bekerja di institute of the Chemical and Marine Environment (ICBM), University of Oldenburg, Jerman, di bawah bimbingan Prof. Meinhard Simon. Pada bulan Juli 2004, kembali mendapat beasiswa psdoktoral dari Alexander von Humboldt Foundation melalui program George Foster Fellowship dan bekerja dengan Prof. Johannes Flmhoff di IFM-GEOMAR, Kiel, Jerman, hingga Juni 2005. Pada tanggal 1 Nopember 2011, mendapat jabatan Guru Besar dari Universitas Diponegoro.

Berbagai jabatan telah disandang Prof. Ocky diantaranya, sebelum terpilih Ketua LPPM UNDIP yang dijabat mulai tanggal 6 Desember 2013, menjadi staff Ahli Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama selama 3 tahun (2010-2013) dan juga Ketua UPT Laboratorium TerpaduUndip (2012-2013), Koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan dalam Tim Penyusun Renstra Undip 2014-2019. Juga anggota Komisi Litbang Kementrian Kelautan dan Perikanan sejak 2013, Tim Pakar pada Sekretariat Nasional CTI-CFF (Coral Triangle Initiative-Coral Reef, Food and Fisheries), Kementrian Kelautan dan Perikanan sejak 2012.

Prof. Ocky juga membantu Direktur Ditendik Dikti sebagai Tim Ahli Beasiswa Pascasarjana Luar Negeri (BPLN) Dikti sejak 2012. Selain itu, menjabat sebagai Koordinator Posdaya Yayasan Dana Mandiri, Jateng Wilayah 1, yang mengkoordinasikan 12 Perguruan Tinggi. Prof. Ocky merupakan peneliti aktif. Telah menhasilkan publikasi ilmiah pada jurnal internasional sebanyak 22 buah hingga hari ini, pada berbagai international peer-reviewed journals.  Mendapatkan dana kompetitif, baik tingkat nasional dan internasional, seperti IFS Swedia; Lindbergh Foundation, USA; Uni Eropa (FP7), dan USAID.

 

Penghargaan

  1. Collaborative Development Award (CDA), British Higher Comission Singapore, British Council, 2013.
  2. Biovision Catalyzer Award on Biodiversity, Climate Change and Agronomy, Biovision the World Life Science Forum, Lyon, France, 2013.
  3. Equipment Award from German Ministry of Economic and International Cooperation, Germany, 2007.
  4. Cipta Lestari KEHATI Award from Indonesian Biodiversity Foundantion (KEHATI), Indonesia, 2006.
  5. Penghargaan Lima Tahunan Biologi Award 2013, ari Fakultas Biologi Unsoed, diberikan kepada Prof. Ocky Karna Radjasa, M.Sc., Ph.D. atas dedikasi dan pencapaiannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan, kemasyarakatan dan pencitraan baik almamater.

Pelatihan

Mengikuti training terkait Modern Higher Education Management melalui International Deans’ Courses selama 3 tahun berturut-turut yang didanai dan diselenggarakan oleh DAAD dan Forum Rektor Jerman, pada tahun 2010, 2011 dan 2012 bersama dengan 25 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Asia Tenggara.