Reuni dan Kongres Alumni II Keluarga Alumni Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman

Dalam rangka memperkuat jejaring internal alumni, mempererat tali silaturahmi, dan optimalisasi peran kolektif alumni, Keluarga Alumni Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman (KAMPUS) menggelar kegiatan reuni dan kongres alumni II. Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah bakti sosial, talkshow alumni menyapa, seminar nasional, kongres dan reuni.

Kegiatan diawali dengan bakti sosial yang dilakukan di desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas pada tanggal 9 September 2017. “Limpakuwus merupakan desa binaan dari jurusan Keperawatan Unsoed. Rangakain kegiatan yang dilakukan adalah jalan sehat, edukasi kesehatan, pemeriksaan dan pengobatan gratis serta pemeriksaan gigi. Ratusan warga antusias mengikuti kegiatan kami,” ujar Roisca Dyah Pramitasari selaku ketua panitia rangkaian kegiatan alumni.

Kemudian pada tanggal 6 Agusutus bertempat di Aula jurusan keperawatan Unsoed, digelar acara talkshow “Alumni Menyapa”. Beberapa Alumni hadir sebagai narasumber untuk menyapa mahasiswa sekaligus berbagi pengalaman mengenai dunia kerja. “Alumni kami telah tersebar di berbagai daerah. Beberapa yang hadir sebagai narasumber adalah Cecep Triwibowo sekaligus ketua Alumni dari Medan, Untung Imam Sudrajat dari Jakarta, Oktaviana Harliaty dari Semarang, dan Cristian Sandi, alumni dari Manokwari Papua, ujar Roisca. “Sejak didirikan pada tahun 2012, kami berupaya membangun jejaring alumni diberbagai daerah, berkontribusi terhadap almamater, serta memfasilitasi mahasiswa dalam memasuki dunia kerja. Kini kami hadir untuk berbagai pengalaman kepada adik-adik mahasiswa,” ujar Cecep Triwibowo selaku ketua alumni KAMPUS.

(Foto Bersama Pengurus Alumni, Ketua PPNI Banyumas, Pembicara dan Dosen Keperawatan Unsoed dalam Seminar Nasional)

Seminar Nasional dan Kongres Alumni ke II

Sabtu pagi 7 Oktober 2017 dilaksanakan seminar nasional dengan tema “Wound Care Revolution: A Breakthrough in Nursing Basic Science to Clinical Science” sebagai rangkaian acara alumni. Kegiatan seminar nasional menghadirkan Dr. Kemala Rita Wahidi, S.Kp., Sp. Onk., ETN., MARS yang memaparkan materi “Penerapan Aspek Biopsikospiritual dalam Praktik Perawatan Luka dan Praktik Perawatan Luka di Rumah Sakit Kanker Dharmais”, serta Yunita Sari., S.Kep., Ns., MHS, Ph.D dengan materi “Perkembangan Penelitian Perawatan Luka dan Inovasi-Inovasi Terbaru dalam Perawatan Luka”. Selain dihadiri alumni, seminar nasional juga dihadiri oleh ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Banyumas, Fajar Tri Asih, S.Kep., Ns., MM yang juga merupakan alumni,  dosen keperawatan Unsoed, dan 300 lebih peserta yang merupakan perawat dan mahasiswa.

(Sambutan Ketua Alumni, Cecep Triwibowo dalam Kongres Keluarga Alumni Keperawatan Unsoed ke II)

Pada sore hari, 7 Oktober 2017 bertempat di Hotel Grand Kanaya Baturraden dilangsungkan acara Kongres Alumni II. Kongres dibuka oleh Asep Iskandar, M.Kep., Sp., Kom selaku perwakilan jurusan keperawatan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada para alumni yang telah berkontribusi kepada jurusan keperawatan. Beliau berharap, semoga kedepan alumni keperawatan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi.

Kongres Alumni membahas mengenai AD/ART organisasi dan pemilihan ketua alumni. Secara aklamasi, terpilih kembali Cecep Triwibowo, S.Kep., M.Sc sebagai ketua alumni untuk masa jabatan 2017-2022. “Melalui penguatan internal organisasi dan jejaring alumni diharapkan kontribusi alumni terhadap almamater dan masyarakat semakin meningkat,” ujar Cecep dalam sambutannya. Rangkaian acara ditutup dengan reuni alumni yang juga diahdiri dosen Keperawatan.

Sumber:  Panitia reuni dan kongres II alumni keperawatan Unsoed