Temui Jajaran Redaksi MNC Media, Humas UNSOED dan KAUNSOED Unjuk Hasil Riset Unggulan

Jakarta, 22 April 2016 — Keluarga Alumni Universitas Jenderal Soedirman (KAUNSOED) hari ini melanjutkan agenda mendampingi roadshow majalah produksi tim Humas UNSOED. Hari sebelumnya, Kamis (21/4) tim telah berhasil mewawancarai dua orang figur sukses alumni yaitu Ketua Pengurus Harian Yayasan Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi (alumni Fakultas Hukum angkatan 1991) dan Pemimpin Redaksi Harian Republika, Nasihin Masha(alumni FISIP 1986). Masih ada dua orang sosok lagi yang akan diwawancarai oleh tim majalah Magnifika UNSOED yaitu Ketua Umum KAUNSOED, Haiban Hadjid dan diskusi dengan jajaran MNC media (Koran Sindo, Okezone, Sindo Trijaya FM dan iNews TV).

Di hari kedua roadshow, pada pagi hari tim meluncur ke komplek Ceger Permai, Cipayung, Jakarta Timur, kediaman Ketua Umum KAUNSOED, Haiban Hadjid. Ketum KAUNSOED berbatik hijau kehitaman menyambut kedatangan tim Humas UNSOED dengan akrab. Selama kurang lebih satu jam, beberapa pertanyaan dilontarkan kepada ‘bapaknya’ para alumni tersebut. Tim Humas UNSOED menggali informasi mengenai perkembangan kegiatan KAUNSOED, pandangan terkait ciri khas alumni UNSOED, hingga harapannya kepada para alumni.

Tim Humas Unsoed foto bersama dengan Ketua Umum PP Kaunsoed, Haiban hadjid (tengah)

Selain sebagai Ketua Umum KAUNSOED, tim Humas UNSOED juga mewawancarai alumni Fakultas Pertanian angkatan 1980 tersebut untuk mengulik kisah suksesnya di dunia bisnis. Waktu terasa berlalu dengan cepat, meski masih betah berbincang, tim Humas UNSOED harus menyudahi wawancara dengan Ketum KAUNSOED karena masih ada satu target lagi untuk diwawancarai.

Pukul 11.00 siang, rombongan bergerak menuju daerah Kebon Sirih, Jakarta Pusat, tepatnya menuju kantor pusat perusahaan media nasional, MNC Group. Siapakah alumni yang akan ditemui oleh tim Humas UNSOED? Tim Humas UNSOED ditemani tim Humas KAUNSOED memasuki gedung SINDO, langsung disambut oleh jajaran Koran Sindo untuk kemudian dijamu makan siang.

Jamuan makan siang oleh Sindonews dan pemaparan oleh Tim Humas Unsoed serta Kepala Bidang Komunikasi PP Kaunsoed, Final Prajnanta (Baju batik)

Perwakilan KAUNSOED yang mengikuti pertemuan tersebut yaitu Humas KAUNSOED, Eryc Sudiwo, dan Kepala Bidang Komunikasi KAUNSOED, Final Prajnanta. Pertemuan tersebut bisa terselenggara berkat salah seorang alumni jurusan Fakultas Peternakan UNSOED 1994 yang saat ini duduk sebagai Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) Koran Sindo, yaitu Masirom, Pertemuan dengan pihak MNC Media rupanya sangat dipersiapkan oleh Masirom, Wapemred KORANSINDO. Masirom mengajak serta para alumni UNSOED lainnya yang bekerja di MNC Media seperti Tuti Oktaviani (alumni FISIP 1998) yang saat ini menjadi redaktur pelaksana di portal berita online Okezone.com; MN. Latief (alumni FISIP 1998) sebagai redaktur koran SINDO Jateng; Wahyono (alumni FISIP 1996) sebagai redaktur koran SINDO. Selain itu acara diskusi berlangsung meriah dan berisi dengan hadirnya Pangeran Ahmad Nurdin (Redaktur Koran SINDO sekaligus pengisi salah satu acara debat di SINDO Trijaya FM; Andi Akbar (produser SINDO Trijaya FM); Puguh Hariyanto (Journalist Koran SINDO) dan Ariyo Ardi (Current Affair Manager di iNews TV).

Foto bersama Tim Humas Unsoed dan Kaunsoed dengan Jajaran Tim Sindonews

Diskusi berlangsung dengan hangat dan mengesankan. Kesempatan bertemu jajaran redaksi dibawah naungan MNC Media tersebut tidak disia-siakan oleh tim Humas UNSOED maupun KAUNSOED. Kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk menyampaikan hasil-hasil riset unggulan dan inovatif yang telah dihasilkan oleh para periset baik dosen maupun mahasiswa UNSOED.

Tim Humas UNSOED membuka kesempatan seluas-luasnya kepada MNC Media untuk berkunjung ke kampus dan bertemu dengan para peneliti inovatif seperti Prof Totok Agung dan Prof Suwarto yang telah menghasilkan padi varietas INPAGO Unsoed 1 dengan keunggulan tahan kering dan telah meraih penghargaan Presiden Inovasi Pangan 2015. Selain di bidang pertanian, hasil riset membanggakan juga muncul dari tenaga pengajar di UNSOED lainnya yaitu deteksi dini katarak dengan citra digital karya Dr Retno Supriyanti, M.Eng. dan masih banyak lagi.

UNSOED dengan segudang hasil riset inovatif ditopang bidang kepakaran yang beragam, terbilang mumpuni untuk ambil peran dalam pembahasan isu-isu strategis nasional. Tenaga pendidik, alumni, bahkan mahasiswa UNSOED melalui hasil riset dan kegiatan pengabdian masyarakat mempunyai beragam solusi yang ditawarkan untuk turut terjun berperan dalam pembangunan baik skala lokal maupun nasional dengan keunggulannya berbasis pedesaan. Humas UNSOED maupun KAUNSOED dapat menjalin kerjasama dengan media nasional seperti MNC Media untuk memberikan kesempatan para Profesor UNSOED bahkan alumni UNSOED menjadi narasumber sesuai bidang kepakarannya masing-masing.

Di penghujung pertemuan, tim Humas UNSOED dan Koran SINDO pun bertukar cinderamata. Yang diwakili oleh Kepala Bagian Kerjasama dan Humas UNSOED, Koestiah dan dari pihak MNC media diwakili Wapimred, Masirom.

Pertukaran Cenderamata oleh Masirom Wapemred Koran Sindo (kiri) dengan Koestijah Kepala Bidang Kerjasama Unsoed (Kanan)

Dari hasil bertukar pandangan dan informasi dalam diskusi yang berlangsung hangat tersebut membuahkan berbagai masukan baik bagi Humas UNSOED maupun KAUNSOED. Besar harapan keluarga besar civitas akademika maupun alumni UNSOED dapat mengibarkan nama UNSOED di kancah nasional salah satunya dengan peran kehumasan melalui media massa salah satunya dengan menggandeng MNC media. (Lani)

Pemberian kenang-kenangan dari Koran Sindo diwakili Masirom (Wapemred) dengan Eryc Suddywo (kiri) dan Final Prajnanta (kanan)

Kompak, Semangat, Hebat !