Wisuda Ke-117 UNSOED

Salah satu prosesi akademik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah pada hari Kamis, 11 Juni 2015 di Graha Widyatama yaitu Wisuda Pascasarjana ke-49, Pendidikan Profesi ke-32, Sarjana ke-117, dan Diploma ke-96 untuk periode Juni 2015.
Universitas Jenderal Soedirman pada Prosesi Wisuda Periode Juni 2015, kembali mengukuhkan lulusan dan menganugerahkan ijazah kepada 833 lulusan, yang terdiri dari 58 lulusan bergelar magister, 36 dengan sebutan profesional, 628 bergelar sarjana, dan 111 bergelar ahli madya. Hal lain yang membanggakan dalam wisuda kali ini adalah sebanyak 198 orang berhasil lulus dengan predikat ‘dengan pujian atau cumlaude’.
Unsoed kembali dapat mempersembahkan lulusan terbaiknya untuk negeri ini, sebagai bentuk tanggung jawab yang diamanahkan dan sekaligus untuk yang kesekian kalinya memberikan kontribusi sumber daya manusia (SDM) sebagai Human Capital yang unggul bagi pembangunan bangsa dan negara. Sampai dengan penyelenggaraan Wisuda ke-117 kali ini, Unsoed telah telah meluluskan 77.421 alumni, yang insya Allah, telah, sedang dan terus memberikan dharma bakti terbaiknya bagi masyarakat, bangsa, negara dan kemanusiaan.
Prosesi wisuda adalah akhir sekaligus awal dari kehidupan seorang wisudawan itu sendiri. Hal ini disampaikan oleh Rektor dalam sambutannya. “Dikatakan sebagai akhir, karena wisuda adalah penanda berakhirnya proses studi formal saudara di sebuah lembaga pendidikan tinggi. Namun, di sisi lain, wisuda sejatinya merupakan awal baru dari rangkaian kehidupan panjang anda di masa depan,” jelasnya.
Kepada wisudawan, Rektor berpesan setelah diwisuda, saudara diharapkan dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang selama ini dipelajari di kampus, dalam kehidupan nyata. Setelah dikukuhkan, saudara diharapkan mampu bekerja atau menciptakan lapangan kerja sehingga memberikan kemanfaatan dan kemaslahatan. Tidak hanya itu, kini saudara juga diharapkan untuk berpartisipasi sebagai warganegara untuk bersama-sama mengantarkan bangsa dan negeri yang kita cintai ini, untuk menjadi lebih baik dari hari ini dan kemarin.
Selanjutnya Rektor berpesan, guna mencapai pribadi yang berkapasitas dan berdayasaing tersebut, maka ada sejumlah hal yang perlu dimiliki, diresapi dan dijiwai secara sungguh-sungguh oleh para wisudawan, sehingga tidak gentar dan gamang melangkah dalam menyusuri problematika dan dinamika kehidupan.
Pertama, jadilah pribadi yang visioner. Beranilah merencananakan apa yang hendak diraih dengan disertai langkah-langkah untuk mencapai apa yang direncanakan tersebut. Persiapkan diri sebaik-baiknya, seraya berserah diri dan berdoa kepada yang Maha Kuasa, untuk dimampukan meraih apa yang dicita-citakan tersebut.
Kedua, jadilah pribadi yang tangguh. Hapus dalam jiwa dan pikiran anda kata ‘tidak bisa’, karena tidak ada yang tidak bisa kita lakukan selagi mau dan mampu kita lakukan. Bila saat ini belum meraih apa yang dikehendaki, jangan pernah lelah apalagi memilih menyerah, karena tidak ada badai yang tidak selesai, tidak ada gemuruh yang tidak usai. Karena, sekali anda meninggalkan apa yang diperjuangkan, maka selamanya anda akan menyesal berkepanjangan.
Serta yang ketiga adalah, jadilah pribadi yang rendah hati. Ketika anda mampu menjadi sosok yang diandalkan, ketika anda memiliki kapasitas sebagai sebuah jawaban dari semua permasalahan, maka jangan sekali-kali angkuh dan tinggi hati. Karena ingatlah ! Keberhasilan anda, bukan semata karena kecerdasan dan kemampuan anda, melainkan karena anda masih dipercaya oleh pimpinan atau mitra kerja anda. Sekali anda bersikap arogan, maka anda sedang menghancurkan tangga kesuksesan yang telah dibangun selama ini.