DISKUSI INTENSIF KOMPREHENSIF HIMPUNI – RUU OMNIBUS LAW CIPTA LAPANGAN KERJA DAN RUU OMNIBUS LAW PERPAJAKAN

 

Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (HIMPUNI) mengadakan acara diskusi secara intensif dan komprehensif membahas RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dan RUU Omnibus Law Perpajakan yang dibagi menjadi 9 seri.

 

Seri pertama membahas mengenai “Review Konsep Omnibus & Struktur Perundangan di Indonesia”. Diselenggarakan di Sekretariat IKA UNDIP Jl. Lembang No. 47 Menteng, Jakarta Pusat. Pada seri pertama ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Bapak Dr. H. M. Azis Syamsuddin, S.E., S.H, M.A.F., M.H. , Wakil Ketua DPR RI (Keynote Speaker), Bapak Prof. Dr. H. R. Benny Riyanto, S.H., M.Hum., C.N., Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, Bapak Dr. Edmon Makarim, S.Kom, S.H., LL.M., Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Acara berlangsung dari pukul 17.30 sampai 21.00 WIB.

 

Latar belakang diselenggarakannya acara diskusi ini yaitu menindaklanjuti pidato presiden RI – Joko Widodo pada sidang paripurna MPR RI dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019. HIMPUNI bermaksud untuk menyelenggarakan pembahasan dan diskusi bersama secara intensif dan komprehensif membahas RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dan RUU Omnibus Law Perpajakan. Hasil dari diskusi bersama ini nantinya diharapkan dapat menjadi usulan yang komprehensif, akademis, dan praktikal.

 

Dasar penyelenggaraan acara diskusi ini yaitu HIMPUNI menyelenggarakan 9 seri diskusi intensif membahas Omnibus Law RUU Cipta Kerja dan RUU Perpajakan di mana setiap seri disiapkan dan dilaksanakan oleh organisasi alumni yang ditunjuk. Pada kesempatan kali ini, KAUNSOED bersama dengan KA UJE (Universitas Jember) bertanggung jawab atas penyelenggaraan seri 9 dengan topik Omnibus Law RUU Perpajakan.

 

Detail pelaksanaan acara diskusi tersebut yaitu pada hari Kamis 5 Maret 2020. diselenggarakan di Menara Taspen (d/h Gd. Arthaloka) Lantai 17 Jl. Jenderal Soedirman Kav. 2 Jakarta. Acara berlangsung dari pukul 18.00 sampai pukul 21.30. Diawali dengan registrasi terlebih dahulu sebelum memasuki tempat acara. Kemudian sholat maghrib dan makan malam bersama. Tepat pukul 19.00 acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutan dengan sambutan-sambutan. Bapak  Arief Mulyadi (Ketua Harian KAUNSOED) juga berkesempatan hadir memberikan sambutan.

 

Narasumber yang dihadirkan pada acara diskusi kali ini yaitu Suryo Utomo, S.E., Ak., M.B.T., Ph.D. (Dirjen Pajak, Kemenkeu), Darussalam, S.E., Ak., CA., M.Si., LL.M Int. Tax (Managing Partner Danny Darussalam Tax Center (DDTC)), Adhitya Wardhono, S.E., M.Si., M.Sc., Ph.D. (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember). Bertindak sebagai moderator yaitu Ketua Umum KAUNSOED Bapak Astera Primanto Bhakti, M. Tax (Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu). Jumlah peserta yang ditargetkan hadir yaitu 100 orang. Namun pada pelaksanaannya, yang hadir melebihi target yaitu 120 orang. Hal tersebut disebabkan karena tema diskusi yang up to date serta narasumber yang kompeten. Acara berakhir pukul 22.00 ditutup dengan penyerahan plakat dan sertifikat serta foto bersama. (id/1)