KOPERMA SOEDIRMAN REBORN

oleh :
Dr. Ahmad Subagyo, SE, MM, CRB
Ketua Koperma Unsoed 1996/1996

Mengapa KOPERMA reborn?

Belajar dari sejarah panjang perkoperasian di Indonesia, mereka yg besar kuat dan kokoh dalam menjalankan prinpis2 koperasi muncul dari tengah-tengah komunitas terdidik. Komunitas ini memiliki pengetahuan yang baik (well knowledge) terhadap kondisi sosio-ekonomi komunitas dan lingkungannya. Kesadaran (awareness) dan keinginan (willingness) untuk memperbaiki kondisi ekonomi baik dirinya, keluarga dan masyarakatnya menjadi pondasi utama munculnnya suatu gerakan sosial-ekonomi yang berbalut dalam satu gerakan koperasi.

Studi Bank Dunia 2013 tentang mengenal keragaman model bisnis koperasi simpan pinjam di Indonesia ternyata membuktikan bahwa Koperasi yang patuh dan taat asas terhadap prinsip-prinsip dan jati diri koperasi adalah yang diinisiasi, berdiri dan berkembang dari komunitas dan masyarakat terpelajar, justru sebaliknya Koperasi yang diinisiasi oleh para pedagang dan pengusaha akan muncul badan hukum koperasi yang berwajah “korporasi”.
Sebuah LESSON LEARNED. Dari tujuh model bisnis koperasi, ada tiga model bisnis yang mendekati pada praktek implementasi prinsip-prinsip koperasi secara lebih baik. Sebut saja, model bisnis CREDIT UNION (CU) Pancur Kasih di Pontianak, model bisnis KSP Balo Toraja di Sulsel, dan model bisnis BMT Tamzis di Wonosobo. Mereka hidup sudah puluhan tahun beraset ratusan miliar bahkan ada yang triliunan rupiah dan beranggotakan ratusan ribu orang. Memberikan dampak positif bagi anggota dan masyarakatnya.

Pertanyaannya, siapa para pendiri koperasi tersebut?
CU pancur kasih didirikan oleh komunitas para guru yang bernaung dalam Yayasan Karya Sosial Pancur kasih, KSP Balota didirikan oleh komunitas para guru yang tergabung dalam Perserikatan Toradja Christen (PTC) di Tanah Toraja-Sulsel, sedangkan BMT Tamzis didirikan oleh kelompok pengajian pemuda Kertek di Wonosobo-Jawa Tengah. Mereka semua adalah masyarakat terpelajar yang memiliki kesadaran dan keinginan-kemauan yang tinggi untuk bekerjasama menolong diri-sendiri dan saling memberdayakan.
Civitas akademika dan Alumni – UNSOED merupakan komunitas besar yang memiliki potensi untuk melahirkan insan-insan koperasi yang memiliki orientasi-kesadaran-kemauan untuk memperbaiki kondisi sosio-ekonomi di lingkungan keluarga besar UNSOED dan tentunya mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat banyak, yang pada akhirnya bersama-sama dengan masyarakat bergerak bersama memajukan ekonomi dan sosial secara bersama-sama.

Sejarah telah membuktikan, diakui atau tidak kelahiran entitas koperasi yang bernama “KOPKUN” lahir dari ibu kandung “KOPERMA UNSOED”.  KOPERMA UNSOED yang didirikan tahun 1979, telah banyak memberikan pelajaran, pendidikan tentang berkoperasi, belajar tentang kewirausahaan dan belajar tentang arti penting kepedulian, solidaritas sesama dan membangun ikatan batin yang kuat bagi para alumninya,  akhirnya merelakan dirinya terbunuh demi kelahiran anak kandungnya sendiri.  Matinya KOPERMA sebagai sebuah bagian organisasi Kampus UNSOED tak menyisakan sedikit pun aset yang pernah dihimpun oleh para pendiri dan penerusnya. Sebuah pengorbanan yang luar biasa dari sebuah organisasi kampus yang lahir dari rahim kampus Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto.

Sebahagian alumni, mahasiswa, dosen dan sivitas akademika lainnya kembali merindukan adanya KOPERMA. Suatu organisasi yang telah mampu mendidik, mengajarkan dan memberikan pengalaman hidup yang lebih berkualitas kepada seluruh stakeholder. Akhirnya kampus UNSOED menjadi titik tolak munculnya pemikir-pemikir, penggerak, aktivis dan penentu kebijakan Koperasi Indonesia di masa yang akan datang.
Sambut dan dukunglah

KOPERMA REBORN !!!

Jadikan KOPERMA sebagai wadah bersama seluruh stakeholder kampus UNSOED dan masyarakat Indonesia untuk bergerak dan ikut menggerakkan ekonomi anggotanya

SALAM KOPERMA!!!

[SEGERA BERGABUNG MENJADI ANGGOTA]

Cara pendaftaran melalui https://goo.gl/forms/4Ro6RmNc3NObCZNL2

⚠ ikuti instruksinya dengan runtut. Sekali lagi, dengan runtut, dan selesaikan sampai akhir.

Untuk info lebih lanjut, hubungi:
? Lydia: 082135020518

? Fanpage FB: Koperma Soedirman
?Instagram: Koperma Soedirman

Ttd,
Ketua Umum Epri Riyadi Alumni FISIP’2012
Sekretaris Umum Berlian Prita M. Mahasiswa FEB’2013
Bendahara Umum Intan Pangesti Alumni FAPERTA’2012