Putri Buruh Bangunan Lulusan Terbaik FISIP UNSOED Periode Juni 2015

Siti Rodiyah, lahir di Cirebon 22 Januari 1992, anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Bapak Miswan Kasin dan Ibu Tinah. Hidup dari keluarga sederhana dengan Bapak berprofesi sebagai buruh bangunan, dan Ibu hanya mengurus rumah tangga. Memulai pendidikannya di SDN 1 Kaliwadas, SMP N 1 Sumber, SMAN 1 Dukupuntang, kemudian Menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Jenderal Soedirman, jurusan sosiologi, sebagai wisudawati terbaik satu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dengan IPK 3,84 periode Juni 2015.

Perempuan berjilbab ini merupakan salah satu aktifis kampus. Kegiatan yang dilakukan antara lain, tergabung dalam organisasi Unit Kerohanian Islam (UKI) Fisip, staf kaderisasi dan kepala departemen syiar periode 2012-2014, tergabung dalam organisasi unit kegiatan mahasiswa penalaran dan riset (UKMPR) Unsoed sebagai staf Riset tahun 2013-2014. Tergabung dalam organisasi kepemudaan nasional di bidang riset dan pendayagunaan IPTEK yakni Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) klaster mahasiswa sebagai staf dalam departemen riset interdisipliner dan pendayagunaan IPTEK (RIPI) tahun 2015. Aktif juga dalam kegiatan nasional sebagai aktivis sosial, yakni volunteer Aliansi Selamatkan Anak Indonesia. selain berorganisasi mahasiswi yang satu ini juga bekerja sebagi Tentor Geografi di LBB Sony Sugema College (SSC). Kegiatan sehari-harinya diisi dengan kuliah, organisasi, kegiatan sosial dan mengajar. Baginya setiap kehidupan adalah proses pembelajaran untuk tumbuh dan berkembang, menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

Prestasi yang pernah diraih mahasiswi yang satu ini adalah sebagai berikut. Penerima Beasiswa PPA, Juara 3 mahasiswa berprestasi FISIP Unsoed, Juara 2 Lomba LKTI HMJM FE Unsoed, peraih PKM-GT yang didanai DIKTI tahun 2013, peraih nominator 25 esai terbaik nasional dibukukan. STAIN Purwokerto tahun 2012. Peraih esai nasional 10 besar terbaik di pemburu beasiswa tahun 2013, finalis call for paper Konfrensi Ilmuwan Muda Indoensia MIPA UI tahun 2013, dan peraih beberapa finalis LKTIN.

Selain aktif di organisasi dan memiliki beberapa prestasi, mahasiswi yang satu ini juga aktif dalam kegiatan pengembangan diri baik ditingkat univeristas maupun nasional. Diantaranya peserta workshop PKM Unsoed, Workshop Anti Korupsi Rayon 3 Jawa Tengah, Peserta seminar nasional Potensi RUU Kamnas, dll, ditingkat nasional sebagai main participant future leader summit di semarang tahun 2013, Pasrticipant of youth Educators Regional Training (YERT) Yogyakarta 2013, serta peserta internasional confference Gebyar Inovasi pemuda “Inovation of science and tchnology for food energy, and healthsovereignty, UGM Yogyakarta 2014.