Sambutan Ketum KAUNSOED pada Wisuda Unsoed ke-136

(10/3) Selasa minggu ini Universitas Jenderal Soedirman mengadakan wisuda. Digelar di Gedung Grha Auditorium Widyatama UNSOED, pada wisuda periode ini sebanyak 1.109 wisudawan dilepas oleh UNSOED. Terdiri dari Doktor, Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Diploma Tiga.

Dalam wisuda periode ini juga banyak putra-putri dari alumni UNSOED yang diwisuda. Hal ini tentu menunjukkan bahwa Universitas Jenderal Soedirman merupakan Universitas favorit dari generasi ke generasi.

Ketua Umum Keluarga Alumni Unsoed (KAUNSOED), Bapak Astera Primanto Bhakti hadir dalam wisuda hari ini. Diawali dengan penyerahan Kartu Tanda Alumni (KTA) Unsoed secara simbolis. Kemudian beliau memberikan sambutan sebagai Ketua Alumni UNSOED. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada wisudawan wisudawati atas kelulusan yang telah diraih. Selain itu, Ketua Umum KAUNSOED juga memberikan beberapa pesan untuk alumni yang hari ini diwisuda. Pesan yang pertama yaitu jangan terlalu senang dengan wisuda yang telah dilaksanakan, karena kita harus segera memikirkan langkah ke depan. Semangat yang tinggi dalam menjalani kehidupan setelah wisuda sangat diperlukan, terutama semangat bekerja agar bisa mencapai apa yang dicita-citakan.

Bapak Prima (panggilan dari Ketua Umum KAUNSOED) juga mengatakan bahwa peluang yang ada saat ini sangat besar. Baik di bidang usaha maupun di pemerintahan. Beliau juga menambahkan informasi bahwa pemerintah tahun ini sudah menganggarkan dana yang cukup besar. Para alumni diharapkan bisa jeli dalam melihat kesempatan tersebut untuk bekerja karena di dalamnya banyak bidang yang bisa dimasuki untuk berkiprah. Harapan dari Ketua Umum KAUNSOED juga agar para alumni UNSOED jangan terpaku menjadi pegawai. “Jadilah wirausaha agar kalian bisa menentukan sendiri apa yang akan dilakukan untuk ke depannya”, ungkap beliau. Peluang UKM juga disebutkan karena layer UKM saat ini sudah sangat banyak. Mulai dari bisnis kecil, sampai bisnis besar.

Keluarga Alumni UNSOED dengan kampus selalu berusaha membantu adik-adik mahasiswa dan alumni untuk memberikan informasi dan pembekalan-pembekalan. Dengan kemudahan jaman, informasi yang dibutuhkan akan selalu diusahakan terutama dalam hal motivasi. Lebih lanjut disampaikan oleh Bapak Prima, jika ada aspirasi dari alumni yang ingin disampaikan, bisa datang langsung ke Sekretariat Alumni. Sebagai tindak lanjut juga kemungkinan akan diadakan konseling dan acara yang dapat memperkuat alumni UNSOED pada khususnya.

Pesan yang tidak kalah penting yaitu jangan merasa minder dengan lulusan universitas lain. “Banggalah menjadi lulusan Unsoed. Jangan sampai malu saat ditanya lulusan mana”, tandas Ketua Umum KAUNSOED kepada alumni yang baru saja diwisuda. Selain itu, Ketum juga menyampaikan rasa bangganya terhadap rektor dan universitas karena telah meluluskan banyak wisudawan yang kompeten. Harapan yang terakhir yaitu lulusan UNSOED dapat menjadi pendorong dan pendobrak perekonomian Indonesia. (id/1)

 

Foto oleh Humas Protokol UNSOED