Tindak Lanjut MOU UNSOED dengan GGF

PT Great Giant Food adalah salah satu perusahaan terbesar dan terdepan dalam industri agribisnis di Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang pangan, pertanian, dan petenakan. Dengan lebih dari 30.000 ha area perkebunan di Lampung, Blitar, dan area lainnya, GGF melakukan penanaman dan produksi buah baik segar maupun olahan. Hasil produksinya telah dipasarkan di seluruh wilayah Indonesia di bawah merk Sunpride. Pemasaran tidak hanya skala nasional namun juga ekspor ke lebih dari 60 negara di dunia. Selain buah-buahan, perusahaan ini memiliki peternakan sapi perah dataran rendah pertama di Indonesia yang memproduksi susu segar dan merupakan perusahaan ternak ketiga terbesar di Indonesia.

 

Dalam upaya memperluas kerjasama dan kesempatan pengembangan karir khususnya alumni Unsoed, Unsoed membuat MoU dengan PT Great Giant Food. Pada Selasa (14/1), Rektor Universitas Jenderal Soedirman Prof. Dr. Suwarto, MS bersama Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Anisur Rosyad, MS dan tenaga ahli Prof. Ir. Loekas Susanto berdialog langsung dengan jajaran manajemen Great Giant Food dan para alumni Unsoed yang telah berkarir di GGF.

 

Agenda kunjungan ke GGF yaitu untuk menindaklanjuti MoU yang sudah disepakati antara Unsoed dan GGF. Kerjasama yang direncanakan yaitu dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dengan adanya diskusi mengenai kerja sama ini, diharapkan dapat segera terlaksana dan memberikan manfaat. Rektor bersama rombongan tidak hanya berdiskusi, namun juga berkesempatan melihat secara langsung proses produksi nanas kaleng dan produksi LOB. Beberapa alumni yang telah bekerja di GGF juga ikut mendampingi.

 

Prof Suwarto mengatakan bahwa Unsoed membutuhkan industri pertanian seperti ini. Dihrapakan dengan adanya kerjasama ini, akan membuka peluang mahasiswa untuk bisa magang dan melakukan praktik penelitian di GGF. Hal tersebut tentunya akan berguna sebagai pengalaman dan peningkatan kompetensi mahasiswa untuk bekal di masa depan. Tidak hanya untuk mahasiswa yang masih menjalani pendidikan, kerjasama ini juga bermanfaat untuk alumni. Terdapat beberapa bidang yang bisa dilakukan kerjasama di antaranya peternakan, teknik informatika, ekonomi, teknologi hasil pertanian. Dengan beragamnya bidang yang bisa dilakukan kerjasama, MoU ini diharapkan bisa memecahkan permasalahan yang ada di perusahaan dan juga dalam rangka memberikan manfaat untuk kedua belah pihak.

 

Rektor juga berkesempatan untuk bertemu dan berbincang dengan alumni yang telah berkarir di GGF. Pembicaraan tersebut menjadi bagian yang penting juga karena pihak Universitas dapat mengetahui langkah ke depan berdasarkan pengalaman alumni yang sudah terjun di lapangan. Peningkatan kompetitif lulusan sesuai yang dibutuhkan industri diharapkan bisa lebih baik dengan tidak meninggalkan nilai-nilai kejujuran serta loyalitas. Salah satu alumni yang sudah bekerja di GGF (Supriyono Loekito) mengatakan sangat senang karena sudah ada beberapa alumni yang bekerja di GGF juga. Supriyono sendiri sudah berkarir di GGF sejak tahun 1988. (id)