(12/9/2022) Universitas Jenderal Soedirman menggelar Pelaksanaan Wisuda Periode ke-146 Bulan September di Gedung Auditorium Widyatama Prof. Rubianto Misman yang diikuti oleh 2040 wisudawan. Sambutan oleh Ketum KAUNSOED yaitu Bapak Astera Primanto Bhakti, M. Tax.

Bapak Astera selaku Ketum KAUNSOED mengawali sambutannya dengan memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan orang tua. Bapak Astera menyampaikan bahwa tantangan perguruan tinggi adalah dapat memberikan kontribusi dari perguruan tinggi atau para alumni dalam membangun bangsa. “Wisuda bukan suatu akhir dari perjalanan tetapi awalan yang tentunya harus diisi, direncanakan, dan dipersiapkan dengan baik” ungkapnya.

Bapak Astera juga menyampaikan bahwa kondisi global yang luar biasa yaitu terjadi pandemi covid dan ditambah geopolitik yang terjadi saat ini yaitu perang antara Ukraina dengan Rusia yang mengakibatkan perubahan tatanan dunia terutama dari segi makanan, energi, dan transportasi. “Hal itu merupakan tantangan yang berat bagi kita semua. Ditengah kondisi perekonomian yang punya tantangan luar biasa selalu ada kesempatan, dengan adanya keterbatasan suply pangan dan energi akan membuat peluang bagi kita untuk menyediakan pangan dan energi alternatif” sambungnya.

Banyak hal yang bisa kita lakukan yaitu bisa melakukan kreasi baru dengan menciptakan lapangan kerja dari pengolahan bahan-bahan pangan yang selama ini belum maksimal. “Ini merupakan kesempatan bagi universitas dan para alumni untuk dapat bekerjasama memikirkan kebijakan dan riset-riset penelitian yang dapat mendukung hal ini” imbuhnya.

Bapak Astera melanjutkan “merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi para wisudawan yang akan masuk ke dunia nyata. Untuk itu diperlukan memahami kekuatan yang ada pada diri kita dengan cara asesmen mandiri. Saat ini memasuki industri 5.0/Society 5.0 dimana keterkaitan Artificial Intelligence (AI) dengan kehidupan ini semakin erat, maka dibutuhkan inovasi-inovasi yang luar biasa yang berkaitan dengan teknologi”

Bapak Astera memberikan pesan kepada wisudawan agar para wisudawan mengenali siapa dirinya, apa kelemahan dan kekuatan yang dimilikinya agar bisa melangkah ke dunia nyata sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan. “InsyaAllah dengan kita mengetahui siapa diri kita maka dengan mudah kita akan masuk dalam dunia nyata yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga kelemahan yang awalnya menjadi kendala bisa kita minimalisir agar dapat dimanfaatkan dengan baik” pungkasnya.

 

 

Salam Kompak, Semangat, Hebat.
#KAUNSOED #unsoed #alumniunsoed #wisudaunsoed #wisudaseptember2022