(14/5/2022) Menggunakan platform yang sudah sangat praktis digunakan di masa ini, tahun 2022 ini pun, Keluarga Alumni UNSOED (KAUNSOED) kembali mengadakan acara halal bihalal. Acara yang mengundang rektor Universitas Jenderal Soedirman ini berlangsung di malam hari. Hal ini dipilih, mengingat kesibukan yang dimiliki oleh masing-masing peserta acara. Tidak hanya mengundang jajaran rektor Universitas Jenderal Soedirman, Keluarga Alumni juga mengundang perwakilan dari masing-masing fakultas, perwakilan BEM, dan alumni senior.

 

Diawali dengan sambutan dari rektor UNSOED Prof. Ahmad Sodik, beliau mengatakan bahwa sekarang ini Universitas Jenderal Soedirman sudah mulai meningkatkan kinerja untuk kemudian berkontribusi lebih baik, yang tujuan utamanya tentu saja untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul serta adaptif. Sejak periode kepengurusan KAUNSOED yang diketuai oleh Bapak Haiban (2015-2019), sudah terdapat gedung sekretariat alumni. Namun, lebih lanjut, harapannya pada periode ini atau di tahun ini ada satu gedung yang bisa kita sebut gedung registrasi dan alumni. Dengan adanya komunikasi yang baik, diharapkan para alumni bisa bersilaturahmi dengan pihak UNSOED saat berkunjung ke Purwokerto. “Tidak hanya untuk alumni senior saja, alumni junior pun masih menjadi PR bagi kita agar bisa merangkul mereka dalam upaya agar Keluarga Alumni Universitas Jenderal Soedirman semakin kompak, semakin semangat, dan semakin hebat. Sesuai dengan jargon KAUNSOED”, tutur rektor UNSOED tersebut.

 

Acara dilanjutkan dengan siraman rohani oleh Prof. Totok Agung. Dengan jadwal waktu yang diberikan selama 20 menit, tausiyah atau siraman rohani yang disampaikan sangat singkat dan jelas. Tausiyah yang diberikan yaitu mengenai nikmat yang paling tinggi dan konsekuensinya berkaitan dengan ramadan, lebaran, dan juga syawal. Beliau mengatakan bahwa nikmat yang sudah Allah SWT berikan sangatlah banyak. Sebagai contoh yaitu nikmat hidup atau kehidupan. Dengan kita hidup, kita bisa merasakan semua kenikmatan yang lain. Banyak nikmat lain yang bisa kita rasakan dan dapatkan seperti karir, keluarga, sahabat, tetangga yang baik, kesempatan beribadah dan sebagainya. Namun, puncak dari semua nikmat itu adalah nikmat iman. Karunia terbesar itu bukan tanpa konsekuensi, yang harus kita pahami adalah keimanan kita akan diuji. Seperti kita tahu bahwa ujian sangatlah bermacam-macam. Namun, diharapkan kita bisa senantiasa meningkatkan keimanan kita.

 

Setelah siraman rohani selesai disampaikan, kemudian tibalah pada sambutan Ketua Umum Keluarga Alumni UNSOED yaitu Bapak Astera Primanto Bhakti. Pada awal sambutannya, beliau mengatakan pertemuan yang sedang diadakan adalah hal yang luar biasa. Hal ini dikarenakan yang mengikuti virtual Halal Bihalal ini cukup banyak yang hadir. Perwakilan dari masing-masing keluarga alumni fakultas juga hampir semua lengkap. Dalam sambutannya, beliau tidak lupa menyampaikan agar senantiasa menjaga kesehatan, taat protokol kesehatan karena kondisi pandemi yang masih berlangsung. Lebih lanjut, beliau menyampaikan juga rasa terima kasihnya kepada jajaran rektor Universitas Jenderal Soedirman serta para pegawai civitas akademika yang ada di UNSOED. Dalam sinergi yang telah dirasakan yaitu memberikan terobosan-terobosan, baik yang dilakukan oleh masing-masing ketua alumni fakultas maupun yang dilakukan bersama. Dalam kesempatan ini, Bapak Prima juga mengajak teman-teman alumni untuk terus menjaga semangat dalam bahu-membahu membantu rektor agar kita mempunyai amunisi yang kuat dalam menghadapi tantangan luar biasa ke depannya. 

 

Suatu surprise diberikan oleh Ketua Umum Keluarga Alumni UNSOED, yaitu memberitahukan bahwa akan ada sebuah aplikasi Keluarga Alumni UNSOED yang akan diluncurkan. Soft launching yang dilakukan pada kesempatan tersebut juga disambut baik oleh rektor Universitas Jenderal Soedirman dan peserta lain. “Dengan adanya aplikasi KAUNSOED ini, nantinya akan lebih mudah dalam melakukan tracing alumni. Karena kita tahu bahwa selama ini agak sulit dalam men-tracing alumni-alumni senior”, begitu yang disampaikan oleh Bapak Prima. Setelah soft launching dan penyampaian singkat dari masing-masing keluarga alumni fakultas melalui perwakilannya, acara halal bihalal pun ditutup pada pukul 21.00 WIB.

 

.