Keluarga Alumni UNSOED (13/6/2022)

Jumat (10/6/2022) Soedirman Career Center mengadakan Pembekalan Wisudawan periode Juni 2022 secara hybrid di aula fikes unsoed dan online. Pembekalan wisudawan menghadirkan tiga pembicara yaitu Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc. Agr selaku Rektor  Universitas Jenderal Soedirman, Astera Primanto Bhakti selaku Dirjen Perimbangan Keuangan RI dan Muhammad Irham Akbar, S.Kom., M.C selaku Dosen Fakultas Teknik. Acara dibuka oleh Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Kuat Puji P., S.H., M.Hum

Bapak Kuat Puji dalam sambutannya menyampaikan bahwa Alumni UNSOED kedepan akan menghadapi banyak tantangan dalam meniti karir antara lain studi lanjut, berwirausaha atau dunia kerja. Olehkarena itu, pembekalan diri calon wisudawan telah dilakukan sedini mungkin sejak masuk menjadi mahasiswa sehingga mampu bersaing. “Calon wisudawan akan banyak mendapat tantangan antara lain studi lanjut, berwirausaha dan siap memasuki dunia kerja. Pembekalan diri di universitas sudah dilaksanakan sejak menjadi mahasiswa melalui sistem akademik serta kegiatan kemahasiswaaan dan ekstrakurikuler” ucapnya.

Pembicara pertama, Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc. Agr selaku Rektor UNSOED menyampaikan bahwa era millenial akan menghadapi banyak tantangan yaitu segala seseuatu berhubungan erat dengan internet. Beliau berharap para wisudawan tidak hanya memiliki khowledge dan skill, namun juga memiliki attitude yang baik  dan berjiwa pancasila. Calon wisudawan telah dibekali Higher Order of Thingking Skill (HOTS) yang merupakan kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif. “Berkaitan Higher Order of Thingking Skill (HOTS) yang merupakan critacal thinking atau berpikir kritis yang diberikan saat pembelajaran melalui penyelesaian studi kasus, creativity melalui praktikum dan perlombaan, komunikasi melalui mengikuti kegiatan onganisasi, kolaborasi melalui kegiatan pertemanan dan silaturahmi , competition logic melalui logika berpikir, rasionalitas terutama dalam melaksanakan tugas, serta karakteristik kebangsaan indonesia yang menjadi nilai luhur humanisme” ucapnya.

Mengenai indikator kinerja perguruan tinggi yang diamanahkan yaitu 1) transfer of khowledge dan improve skill serta 2) pengembangan iptek dan sains. Sedangkan indikator calon wisuda dihadapkan tiga pilihan yaitu memperoleh pekerjaan, studi lanjut dan berwirausaha. Banyak sekali beasiswa yang ditawarkan, sehingga diharapkan calon wisudawan yang memiliki potensi untuk melanjutkan studi. Calon wisudawan juga memiliki potensi yang sangat besar untuk berwirausaha sukses. Banyak alumni UNSOED yang telah sukses berwirausaha dan berkontribusi langsung ke masyarakat.

Astera Primanto yang juga selaku Ketua Alumni UNSOED menyampaikan bahwa banyak tantangan yang akan dihadapi lulusan perguruan tinggi di dunia kerja khususnya pasca pandemi dan society 5.0. Sehingga hal yang akan dilakukan untuk mencapai kesuksesan yaitu mendefinisikan sukses atau tujuan, memiliki road map, dan tahapan yang harus dilakukan. “Definisi sukses kalian apakah menjadi pejabat, pengusaha, atau politikus. Sehingga kita harus memiliki road map dan tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan atau kesuksesan.” ungkapnya.

Astera Primanto menambahkan bahwa pandemi Covid-19 memberi dampak negatif sektor kesehatan, sosial, ekonomi dan keuangan. Sehingga era ini road to society 5.0 yang merupakan era dimana semua teknologi menjadi baigian dari manusia itu sendiri dan internet bukan hanya digunakan untuk berbagi informasi melainkan juga untuk menjalani kehidupan. Society 5.0 merupakan human centered society yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat terintegrasi. “era society 5.0 menjadi tantangan temen-temen (calon wisudawan) sehingga calon wisudawan harus memperluas networking. Diharapkan dalam era new society 5.0, calon wisudawan mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi” tambahnya.

Senada dengan Bapak Ahmad Sodiq dan Astera Prima, Muhammad Irham Akbar selaku dosen fakultas teknik menjelaskan bahwa media digital memegang peranan penting di era digital global. Era sekarang calon wisudawan harus mengoptimalkan pemanfaatan media digital untuk mengakselerasi kesuksesan.

 

Salam Kompak, Semangat, Hebat.

#KAUNSOED #alumniunsoed #unsoed