(11/6/2024) Universitas Jenderal Soedirman menggelar Pelaksanaan Wisuda Periode Ke-153, pada Sidang Terbuka Senat Wisuda Doktor ke-24, Pascasarjana ke-85, Profesi ke-68, Sarjana Ke-153, Diploma Tiga ke-132 Universitas Jenderal Soedirman. Wisuda berlangsung di Gedung Graha Widyatama Prof.Rubijanto Misman Unsoed yang diikuti oleh 1.247 wisudawan.

Wisudawan terdiri dari 7 Doktor, 60 Magister, 184 orang dengan sebutan profesional, 776 sarjana, dan 220 Ahli Madya. Dari jumlah tersebut 162 orang diantaranya dinyatakan lulus dengan predikat pujian atau cumlaude.

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr.IPU.,ASEAN.,Eng menyampaikan Saat ini Unsoed telah berusia 60 tahun dan memiliki 118.638 alumni, yang tersebar  dan terus berkontribusi dalam karir dan kehidupan di berbagai sektor yang ada di wilayah nusantara. Rektor dalam sambutannya juga menyampaikan, bahwa saat ini kita berada pada era disrupsi maka kita harus mampu menjadi generasi yang mampu beradaptasi, berkompetisi terutama di era global, bukan hanya nasional tetapi juga dunia. “Namun, salah satu tantangan terbesar dalam transformasi digital dari masyarakat adalah keadaban perubahan yang begitu cepat dan kerap tidak bisa diprediksi, menuntut kita tidak hanya menjadi pribadi yang cerdas tetapi membutuhkan keterbukaan diri dalam menyikapi perubahan yang ada, kiranya harus disertai dengan budi pekerti luhur. Sehingga, intelektualitas dan profesionalitas yang dimiliki akan semakin kaya maknanya ketika kita menjadi insan yang selalu mengedepankan akhlak baik dalam ucapan maupun dalam perbuatan,” kata rektor.

Rektor juga memberikan pesan, yang kiranya dapat menambah bekal dalam mengarungi dinamika kehidupan setelah ini yaitu selalu menjadi pribadi yang berhitung dengan cermat dalam pengambilan keputusan “selalu mempertimbangkan dengan seksama agar setiap keputusan yang diambil memberikan dampak yang positif dan konstruktif dimanapun anda berada”. Kemudian berupaya mengedepankan adab dalam setiap tutur kata dan tingkah laku dalam berinteraksi, baik dalam konteks sosial kemasyarakatan maupun profesionalitas pekerjaan. Selain itu, tidak pernah lelah mengasah kualifikasi dan kompetensi higher order thinking skills yang dimiliki, agar selalu bisa beradaptasi dengan harapan dan kebutuhan yang diperlukan.

Selanjutnya, Firman Sujono, S. T. (Manajer Core Transport Deployment Support Area Jawa Bali PT. Telkomsel) dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini dunia sudah berubah, banyak pekerjaan yang sudah digantikan oleh teknologi canggih, maka kita dituntut harus adaptif dan banyak belajar hal-hal baru agar bisa mencapai kesuksesan. Setiap orang memiliki kesuksesan yang berbeda, langkah yang harus diambil untuk meraih kesuksesan tersebut yaitu pertama, merencanakan hidup setelah ini akan bekerja, lanjut S2, menikah, atau berkarir di perusahaan besar dan berkontribusi kepada negara ini. Intinya rencanakan masa depan “bermimpilah setinggi langit, kalaupun jatuh masih di atap rumah”. Kedua, Yakinlah kalian itu hebat, dosen pendidik kita adalah yang terbaik, Anak UNSOED bisa berkarya lebih untuk negeri ini. Ketiga, attitude is everything, harus selalu menjaga attitude ke semua orang dimanapun dan kapanpun. Keempat, Networking mulai sekarang harus membangun networking mulai mengenal orang dengan berbagai macam hobby, kesamaan, kepentingan, sosial, keagamaan, dan termasuk ikatan alumni. Kelima, ciptakan keberuntungan. “keberuntungan adalah ketika kemampuan bertemu dengan kesempatan. Jadi, keberuntungan bukan suatu kebetulan, kita harus berusaha menciptakan keberuntungan, dan keberhasilan adalah keberuntungan yang direncanakan”. Yang terakhir, Mintalah ridho orang tua “doa orang tua lebih mustajab dari doa wali sekalipun, kita tidak bisa memilih dilahirkan dari orang tua yang seperti apa, tetapi kita bisa memilih menjadi anak yang sepeti apa.”

Salam Kompak, Semangat, Hebat.

#KAUNSOED #alumniunsoed #unsoed #wisudaunsoed #wisuda153